Braille, Pembuka Wawasan Orang Buta


Assalamu'alaikum wr. wb.,
     Selamat malam (bagi yang membaca waktu malam), Alhamdulillah kita masih dapat kembali berjumpa dalam postingan ini. Semoga postingan ini dapat berguna bagi kita semua.
     Ok kali ini saya akan share ilmu yang saya dapet cukup lama, tapi nggak bisa segera saya posting, tentang huruf Braille. Ya huruf bagi orang buta. Sedikit catatan, mungkin terdengar agak kasar saya menggunakan kata "Buta", tapi menurut ilmu yang saya dapatkan kata "Buta" sendiri lebih bagus daripada "Tunanetra". "Buta" berarti tidak dapat melihat, sedangkan "Tunanetra" memiliki arti "Rugi Penglihatan", jadi saya menggunakan kata Buta.
     Ok kita lanjut huruf Braille sendiri diciptakan oleh Louis Braille pada tahun 1834. Braille menciptakan huruf tersebut didasari karena beliau yang mengalami kebutaan. Untuk cerita lebih lengkapnya silahkan klik disini. Lalu apa yang membuat huruf ini begitu menarik?

1. Sejarah Terciptanya Huruf
   
      Baca cerita sejarahnya diatas aja ya? Hehehe

2. Huruf yang Unik dan Simple
     Huruf yang terdiri dari titik yang timbul. Ya itulah (menurut saya) keunikan dari huruf ini. Huruf yang dapat dibaca dengan sentuhan jari dan penglihatan normal (bagi orang normal). Dan kalau kita amati bagaimana luar biasanya orang-orang buta yang dapat "mengartikan" titik-titik timbul tersebut menjadi huruf, kata, kalimat, paragraf, sampai buku.

3. Dapat Digunakan untuk Berbagai Keperluan

      Huruf Braille tidak hanya sekedar untuk kegiatan membaca yang bersifat umum. Namun kini, sudah ada Al-Qur'an braille yang dapat digunakan untuk saudara-saudara kita kaum muslim yang buta.
      Selain itu, dalam dunia detektif, huruf braille dapat digunakan untuk menyembunyikan pesan yang ingin disampaikan, Contohnya pada serial Detective Conan, meminta pertolongan dengan menggunakan huruf Braille di lapangan Tenis! Ya, Lapangan Tenis!


      Kita juga dapat membuat pesan rahasia menggunakan huruf Braille menggunakan handphone kita. Bagaimana caranya? Simple... Jika saya gunakan nomer pada HP (1,4,7,2,5,8,0) dan 0 saya gunakan sebagai pemisah antar huruf, maka saya dapat menulis pesan seperti ini :

140147501042014701470150

Maka akan terbaca : BRAILLE

4. Simple tapi Punya Aturan

      Mungkin anda mengira bahwa huruf Braille yang simple tersebut tidak ada aturan penulisannya. Kalau anda berpikir begitu anda salah. Braille punya sederet aturan agar dapat ditulis sesuai dengan EYD yang berlaku. Jika anda ingin lebih tahu tentang aturan huruf Braille silahkan download E-Book-nya Disini

Mungkin itu yang dapat saya sampaikan pada postingan kali ini.  Terimakasih telah menyempatkan waktu untuk membaca artikel ini. Marilah kita bersyukur atas karunia yang diberikan oleh Allah, berupa mata yang dapat kita gunakan untuk melihat.

Wasaslamu'alaikum wr. wb.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment
Diberdayakan oleh Blogger.